26 Desain Interior Rumah Minimalis Paling Nyaman

desain interior rumah minimalis

Desain interior rumah minimalis biasanya dipakai pada rumah bertipe minimalis pula. Artinya desain tersebut menyesuaikan dengan desain eksterior rumah yang memang dibuat minimalis sehingga memiliki kesan simpel namun tetap terlihat elegan dan eksklusif.

Bagi beberapa orang, memilih desain interior untuk rumah merupakan satu hal yang harus dilakukan dengan teliti. Penyesuaian warna dan elemen yang ada di dalamnya penting untuk dilakukan agar supaya rumah semakin nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

26 Rekomendasi Desain Interior Rumah Minimalis Terbaik

Di bawah ini ada beberapa ide desain interior rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Ide desain tersebut kami himpun dari beberapa sumber yang terpercaya sehingga pastinya sudah dicoba untuk menjadi desain interior rumah dan desain kamar tidur minimalis sederhana yang akan membuat keluarga kamu semakin betah berada di rumah.

1. Elemen Kaca

Desain interior yang pertama untuk rumah kesayangan kamu adalah dengan memberikan elemen kaca di beberapa bagian rumah. Seperti di ruang tamu, ruang keluarga atau dekat kamar mandi.

Material kaca bisa kamu pakai sebagai sekat sekaligus untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam rumah. Selain itu penggunaan kaca di beberapa bagian rumah kamu akan membuat ruangan di rumah kamu terasa lebih luas meski dibangun di atas lahan yang sangat terbatas.

2. Dekorasi Tanaman Indoor

Kemudian desain interior rumah minimalis berikutnya adalah dengan menggunakan tanaman indoor untuk dekorasi dalam rumah. kamu bisa menggunakan tanaman khusus dalam rumah yang memiliki manfaat untuk menyerap udara kotor atau polusi dalam rumah.

Letakkan tanaman hias indoor di pot yang cantik kemudian tempatkan di beberapa titik yang sesuai. Berikan rak khusus jika kamu ingin meletakkan beberapa tanaman indoor di ruangan tersebut sehingga terlihat lebih rapi.

3. Ruang Tamu Yang Nyaman

Memiliki ruang tamu yang nyaman bukan hanya dengan furniture sejenis sofa yang empuk dilengkapi bantal saja. Namun memilih dekorasi ruang tamu minimalis sederhana yang sesuai sekaligus furniture pelengkap yang pas akan membuat ruang tamu kamu lebih nyaman dan menyenangkan untuk tamu yang datang berkunjung.

Gunakan warna cat dinding yang netral dan lembut seperti warna krem atau dusty pink. Sesuaikan pemilihan furniture di ruang tersebut agar supaya terlihat memiliki perpaduan yang pas.

4. Ruang Tamu Model Terbuka

Kamu juga bisa menerapkan model ruang tamu terbuka yang mana memiliki desain terhubung dengan ruang keluarga atau ruang lainnya. Ruang tamu model ini tentunya akan membuat tamu lebih merasa nyaman karena diperlakukan selayaknya keluarga dalam rumah tersebut.

Ruang tamu model terbuka biasanya memiliki banyak fungsi dalam satu ruang tersebut. Misalnya ruang tamu akan terhubung langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan. Ke semua ruangan hanya dipisahkan oleh sekat yang bisa dengan mudah dipindah tempatkan.

5. Foyer Yang Hommy

Bagian bangunan yang bernama foyer bisa juga disebut lobby. Hanya saja di sebuah rumah, foyer ini adalah termasuk desain ruang tamu minimalis elegan, bagian paling awal yang dilihat tamu sebelum masuk ke dalam rumah.

Desain interior rumah minimalis foyer yang nyaman dan hommy bisa kamu miliki dengan menggunakan material kayu yang memancarkan kenyamanan sekaligus aksen natural.

Pada bagian foyer biasanya banyak yang meletakkan lemari penyimpanan tertutup yang banyak dipakai untuk meletakkan sepatu dan aneka benda lainnya yang dibutuhkan saat akan keluar rumah.

6. Warna Pastel

Sebagian besar wanita menyukai warna pastel yang lembut. Penggunaan warna pastel bisa kamu pilih untuk menjadi warna bantal sofa, gorden hingga taplak meja.

Sesuaikan pemilihan furniture dengan warna yang senada untuk mendapatkan kesan feminin dan lembut dalam rumah kamu.

Warna pastel bukan hanya membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan hangat, namun terlihat lebih betah untuk ditinggali.

7. Material Kayu Yang Hangat

Banyak juga yang memakai material kayu untuk menjadi furniture atau sebagai interior dinding serta lantai di dalam rumah mereka.  Memilih material kayu bukanlah tanpa alasan. Kayu banyak dipakai untuk menonjolkan kesan alami sekaligus memberikan kehangatan melalui warna cokelatnya yang natural.

Pilihlah material kayu yang kuat dan solid untuk diletakkan di ruang rumah minimalis kamu. Terdapat beberapa material kayu seperti jati, mahoni, dan lainya. Jadi, sesuaikan pilihan jenis kayu yang sesuai dengan selera kamu.

8. Jendela Kaca Besar

Jika di sekeliling rumah kamu memiliki pemandangan yang indah, jangan sia-siakan hal itu dengan percuma. Pasang jendela kaca yang berukuran besar di ruang tersebut agar supaya kamu dan keluarga bisa menikmatinya setiap hari.

Jendela kaca yang besar bisa kamu tempatkan baik di ruang tamu maupun ruang keluarga. Asalkan didesain dengan baik sesuai ukuran ruangan, tentunya jendela yang besar bisa menjadi desain interior yang bagus untuk rumah minimalis kamu.

9. Ruang Bermain Anak

Setiap rumah sebaiknya memiliki ruang bermain anak yang dibuat khusus sebagai tempat bermain anak yang aman. Gunakan jenis furniture foldable yang bukan saja bisa berfungsi sebagai sebagaimana furniture tersebut namun memiliki fungsi lebih lainnya.

Rumah minimalis umumnya banyak menggunakan jenis furniture multifungsi. Seperti meja yang berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan. Atau tempat tidur yang didesain satu set dengan meja belajar. Sangat tepat untuk dekorasi kamar tidur sempit remaja sederhana.

10. Pintu Model Geser

Menggunakan model pintu geser di rumah minimalis juga bisa menjadi solusi untuk memaksimalkan terbatasnya lahan di rumah kamu. Gunakan pintu geser untuk pintu kamar tidur, pintu kamar mandi hingga pintu menuju ke ruang lainnya akan membuat pemasangan pintu lebih efisien tempat.

Pintu geser juga tepat untuk diletakkan dalam desain ruang keluarga minimalis kamu.

11. Material Kaca Es Di Kamar Mandi

Ingin kamar mandi minimalis sederhana murah dengan kesan yang luas dan terang? Kamu bisa memanfaatkan material kaca es sebagai sekat antara ruang shower dengan ruang kering yang ada di kamar mandi kamu.

Kaca es memiliki bagian sisi lainnya yang bersifat buram sehingga tidak tembus pandang. Banyak yang memakai jenis kaca ini untuk menjadi sekat di kamar mandi mereka.

12. Rak Lemari Kayu

Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus sekat antar ruangan, rak lemari kayu yang dicat dengan warna putih tentunya akan memberikan kesan minimalis eksklusif di rumah kamu. Banyak yang menggunakan furniture ini untuk menjadi lemari pajangan atau penyimpanan yang diletakkan antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual rak lemari kayu dengan berbagai macam desain kekinian yang unik, menarik sekaligus dengan harga yang lebih terjangkau.

13. Ruang Makan Minimalis

Memiliki ruang makan di rumah minimalis biasanya tersedia dengan desain satu ruang bersama ruang dapur. Ada banyak alasan untuk membuat ruang makan tergabung menjadi satu dengan desain dapur minimalis sederhana. Salah satunya adalah untuk memaksimalkan lahan terbatas.

Dalam desain ruang makan minimalis tentunya tak ada banyak furniture, alat elektronik hingga dekorasi dapur yang diletakkan di sana. Semua perabot dan perlengkapan dapur tersimpan rapi dalam kabinet dapur.

14. Ruang Dapur Dengan Built In Furniture

Untuk ruang dapur di rumah minimalis memang dianjurkan untuk menggunakan lemari penyimpanan dengan sistem built in furniture. Hal ini dilakukan untuk lebih memanfaatkan ruang sehingga tak ada celah yang tak terpakai di rumah minimalis tersebut.

Lemari dengan sistem built in akan memberikan kesan dapur lebih luas dan rapi meski memiliki banyak perlengkapan dapur di dalamnya.

15. Taman Dan Kolam Kecil Dalam Rumah

Jika kamu menyukai taman dan kolam kecil di rumah minimalis kamu, menempatkannya di bagian dalam juga tak masalah. Kamu bisa  menata taman depan rumah sederhana dan kolam kecil dengan desain yang cantik. Gunakan warna terang untuk membuatnya terlihat lebih menarik meski berada di tempat yang terbatas.

Banyak yang beranggapan keberadaan kolam ikan bisa memberikan energi positif pada rumah tersebut. Budget yang dikeluarkan untuk membangun taman dan kolam ikan pun tidak terlalu mahal. Jadi, bisa digunakan untuk salah satu pilihan.

16. Ruang Duduk Bergaya Klasik

Memiliki furniture dan alat elektronik jadul yang masih bisa dipakai? Gunakan saja sebagai dekorasi di ruang duduk kamu. Lengkapi dengan karpet dengan motif etnik untuk mendapatkan kesan klasik yang lebih terasa.

Kamu pun bisa meletakkan lampu antik untuk menambah kesan nyaman dan klasik jaman tempo dulu yang mungkin mengingatkan kamu pada kenangan manis di masa lalu.

17. Ruang Tamu Dalam

Banyak juga rumah yang kini memiliki ruang tamu dalam untuk menerima tamu khusus yang sudah mereka anggap seperti keluarga sendiri. Letaknya biasanya berada di bagian dalam rumah seperti dekat dengan taman belakang rumah.

Untuk ruang tamu bagian dalam ini furniture yang dipakai juga lebih santai dan nyaman. Sesuaikan pemilihan warna dan model furniture sesuai dengan karakter kamu.

18. Warna Feminin Yang Minimalis

Untuk kamu yang menyukai warna yang lebih feminin atau motif shabby bisa memilihnya menjadi dekorasi pada ruang tamu atau ruang keluarga kamu. Padukan warna pink atau Lilac dengan warna putih dan abu-abu di ruang tersebut.

Kamu bisa memilih sarung bantal, warna furniture sofa, gorden, taplak meja hingga permadani dengan warna lembut tersebut.

19. Ruangan Tanpa Sekat

Untuk desain interior rumah minimalis, membuat ruangan rumah tanpa sekat menjadi solusi jika suatu waktu kamu mungkin membutuhkan ruangan luas di dalam rumah tersebut. Membuat ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan serta dapur dalam satu ruangan memang banyak diterapkan pada jenis rumah minimalis.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan sekat antar ruang dengan memakai sekat dari rotan, tirai kain atau memakai rak kayu dengan desain yang aesthetic.

20. Sofa Di Bawah Lantai

Memiliki tanah dengan kontur yang tak seimbang bisa diatasi dengan membuat desain ruang keluarga yang memiliki sofa tanam. Untuk bagian sofa akan dibuat berada di bagian bawah permukaan lantai ruang tersebut. Gunakan warna yang terang untuk membuatnya terlihat nyaman dan menyenangkan.

21. Pajang Lukisan Atau Gambar Seni

Bagi para pecinta seni atau lukisan tentunya memiliki koleksi tersendiri. Pajang koleksi kamu di ruang keluarga untuk menjadi dekorasi tersendiri pada rumah minimalis kamu.

Dekorasi seni bukan terbatas pada gambar atau lukisan saja. Kamu juga bisa memajang guci antik atau aneka benda etnik yang mungkin berhasil kamu dapatkan saat bepergian ke luar daerah.

22. Monokrom Simpel

Desain interior untuk rumah minimalis juga bisa menggunakan desain monokrom yang simpel. Interior monokrom bukan hanya bisa diterapkan pada bagian pewarnaan dinding rumah saja, namun pemilihan furniture dan alat elektronik yang digunakan juga bertema monokrom yaitu dengan kombinasi warna putih dan hitam.

Desain monokrom banyak disukai kalangan muda yang memiliki karakter sederhana namun ingin terlihat lebih eksklusif. Perpaduan warna hitam dan putih menunjukkan kepribadian mereka yang lebih bebas namun tetap tegas berkarakter kuat.

23. Vintage Klasik

Desain interior rumah minimalis bergaya vintage klasik bukan hanya diminati oleh kalangan manula saja. Namun banyak anak muda yang juga menyukai desain vintage klasik yang antik karena lebih unik. Untuk mendapatkan kesan vintage penggunaan kursi antik lengkap dengan karpet bermotif etnik akan membuat kesan klasik yang lebih kuat terasa.

Beberapa orang menambahkan wallpaper bergaya klasik dengan ukiran batik berwarna coklat emas atau coklat muda. Banyak yang merasa nyaman ketika memiliki ruangan yang bergaya vintage klasik. Ruangan dengan gaya klasik terlihat elegan.

24. Klasik Modern

Jika sebelumnya Kita membahas tentang desain interior bergaya vintage klasik, kini ruangan dengan gaya klasik modern juga direferensikan untuk menjadi ruang keluarga kamu. Ruang bergaya klasik modern tentunya memakai perpaduan gaya klasik dan modern dalam satu ruang.

Hasilnya kesan ruangan yang bergaya elegan, mewah dan eksklusif. Kamu bisa menambahkan set kursi keluarga dari kayu jati yang dibungkus kain bermotif batik yang elegan. Untuk membuat kesan modern, tambahkan dekorasi ruang seperti menambahkan sekat dinding ala Jepang.

Jangan lupa untuk membuat pencahayaan di ruangan tersebut lebih maksimal dengan menggunakan lampu modern gantung yang kini banyak dijual di pasaran.

25. Orange Minimalis

Masih menyukai desain minimalis namun ingin menambahkan warna di dalamnya? Warna orange diyakini bisa membuat suasana di rumah minimalis kamu menjadi lebih ceria sekaligus memberikan kesan ruangan yang lebih luas di dalamnya.

Desain interior minimalis umumnya hanya menggunakan furniture sesuai kebutuhan dan memilih warna serta desain yang lebih sederhana. Penambahan warna orange bisa kamu tambahkan pada pemilihan warna bantal sofa, gorden atau dekorasi pada bagian dinding.

26. Ruang Kerja Modern

Kemudian desain interior yang terakhir dari rumah minimalis adalah untuk ruang kerja di rumah yang modern. Ruang kerja kini wajib ada di setiap rumah yang ada. Bukan karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah. Namun juga karena setiap orang membutuhkan ruang khusus untuk bekerja saat mereka sedang berada di rumah.

Konsep desain interior ruang kerja di rumah tetap mengusung desain minimalis. Penggunaan warna biru atau hijau dipercaya bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja di ruangan tersebut.

Pilih meja dan kursi yang simpel namun nyaman digunakan untuk bekerja. Material kayu dan kulit banyak dipilih untuk menjadi material bahan furniture di ruang kerja. Jangan lupa berikan pencahayaan yang baik di ruang kerja sehingga bisa mengakomodasi semua kebutuhan pekerjaan kamu di ruang tersebut.

Cahaya yang baik juga akan membuat desain kamar beserta furniturenya menjadi pas dan kombinasi cahaya yang baik akan membuatnya menjadi lebih estetik.

Sekian ulasan tentang desain interior rumah minimalis yang direkomendasikan untuk rumah kamu dan keluarga tercinta. Semoga bisa menginspirasi.


Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RuangIn

© 2022 RuangIn